Kamis, 19 November 2020

Yuk Kenali 4 Jenis Penyakit Kulit Yang Harus Diwaspadai

Posted by Mastah Zaen on Kamis, 19 November 2020

Manusia memang rentan sakit jika tidak mampu menjaga diri dengan baik. Ada beberapa yang perlu untuk diwaspadai, salah satunya adalah sakit pada kulit. Sakit pada bagian kulit ini juga tidak bisa disepelekan begitu . Maka, perlu adanya pengetahuan mengenai beberapa Penyakit kulit yang patut untuk diwaspadai. Berikut ulasannya. 

 

Deretan Sakit Kulit Yang Harus Anda Tahu
1. Selulitis
Salah satu yang menjadi penyebab terjadinya Selulitis adalah adanya infeksi bakteri yang menjadi penyebab kulit tampak kemerahan, bengkak, jika disentuh terasa sakit dan lunak. Selulitis terjadi pada bagian kulit seperti kulit tungkal, meskipun demikian bukan berarti bagian tubuh yang lain tidak berisiko terkena Selulitis. 


Ada dampak terburuk jika Selulitis ini tidak segera ditangani dengan tindakan medis yang tepat. Jika infeksi sudah tersebar melalui kelenjar getah bening dan pembuluh darah maka hal ini dapat membahayakan jaringan dalam kulit. Karena menginfeksi jaringan dalam kulit, Selulitis tidak dikategorikan sebagai sakit kulit yang menular.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari Selulitis ini, salah satunya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda. Untuk cara menghindari Selulitis, Anda bisa mengunjungi website resmi SehatQ. Di sana terdapat banyak sekali pengetahuan yang bisa Anda peroleh mengenai Selulitis.


2. Melanoma
Melanoma merupakan kanker kulit yang berkembang pada melanosit dan sel pigmen pada kulit. Melanosit dan sel pigmen sendiri memiliki fungsi pada tubuh untuk menghasilkan melanin. Melanin yang dihasil mampu melindungi tubuh dari paparan ultraviolet dan kerusakan. 


Tidak dipungkiri, jika tidak segera ditangani kanker kulit ini tidak menyerang kulit saja akan tetapi seluruh organ tubuh. Ada beberapa bagian tubuh yang harus diwaspadai munculnya melanoma diantaranya wajah, tangan, kaki hingga punggung. Melanoma sendiri bisa dikenali dengan bentuk seperti tahi lalat dan berangsur-angsur membesar hingga menyebabkan kanker.


Penyebab dari kanker kulit Melanoma yakni sering terkena paparan sinar matahari atau ultraviolet. Kulit yang tidak dilapisi dengan sunblock atau sunscreen akan mudah terkena kanker kulit ini. Tidak hanya itu, memiliki banyak tahi lalat bisa memicu terjangkitnya kanker kulit Melanoma. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kanker ini, bisa kunjungi lama SehatQ.


3. Herpes
Herpes adalah sakit kulit yang dapat menyebabkan kulit kemerahan, bercak-bercak merah, gatal dan ruam yang membuat tidak nyaman. Herpes sendiri tergolongan beberapa jenis diantaranya, alpha herpesvirus, beta herpesvirus dan gamma herpesvirus. Dengan dibaginya menjadi beberapa jenis tersebut, proses terjangkit dan tertularnya pun berbeda-beda. 


Untuk alpha herpesvirus sendiri memiliki siklus penyebaran yang sangat cepat dan gejalanya pun tersembunyi sehingga sulit untuk dideteksi. Lalu, untuk beta herpesvirus siklus berkembang biaknya cukup lama. Virus ini biasanya menyerang sel darah merah, kelenjar sekretori hingga ginjal.


4. Kudis
Kudis atau bisa juga disebut dengan Skabies merupakan jenis parasit tungau yang disebabkan oleh infeksi pada tempat-tempat yang kotor atau kumuh. Umumnya, orang yang terkena sakit kulit ini tidak begitu memperhatikan kebersihan dirinya, sehingga mudah terserang kudis.


Jika kulit mulai terasa gatal khususnya pada sela jari kaki, bawah ketiak, tangan, pinggang, hingga alat kelamin maka perlu diwaspadai seseorang bisa terjangkiti Kudis atau Skabies. Ruam yang diakibatkan oleh Kudis biasanya terasa sangat gatal. Untuk cara mengobatinya Anda bisa mengunjungi laman resmi SehatQ.


Itulah beberapa jenis sakit kulit yang perlu diwaspadai oleh setiap manusia. Hal di atas bisa muncul karena tidak diterapkannya hidup sehat dan bersih, sehingga mudah terserang sakit kulit yang ringan hingga yang parah seperti kanker. Pastikan untuk segera membawa ke dokter spesialis jika sakit semakin parah.

Previous
« Prev Post