Rabu, 10 Juni 2020

2 Cara Mudah Membuat Masker Kain Yang Kamu Wajib Tahu

Posted by Mastah Zaen on Rabu, 10 Juni 2020

Menghadapi virus covid 19 memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya selalu menjaga kebersihan dan menjaga jarak dengan orang lain. kedua hal ini mampu mengurangi kemungkinan terpaparnya virus yang dapat menular melalui sentuhan atau cairan saat bersin. Selain itu, kamu juga dapat memakai masker agar terhindar dari droplet saat orang lain batuk. Masker kain ini dapat kamu buat sendiri di rumah dengan cara yang sederhana. Yuk cek di sini!

Cara Membuat Masker dengan Cara Dijahit
Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, yang pertama tentu saja kain katun yang sudah tidak dipakai. Dapat pula membeli kain yang sesuai jika ingin membuat masker dalam jumlah banyak untuk satu keluarga. Bahan kedua, siapkan benang dan jarum untuk mengaitkannya. Tidak lupa siapkan gunting untuk memotong pola dan peniti atau dapat pula diganti dengan penjepit. Yang tidak kalah penting, siapkan 4 strip kain untuk pengikat sepanjang 45 cm.

Pertama potong kain dengan ukuran 30x15 cm lalu bedakan bagian depan dan belakang. Lalu tumpuk 2 kain dan jahit agar keduanya menyatu dengan menyisakan sedikit ruang di ujung kain untuk menyelipkan strip kain. Sisipkan tali di tiap ujung masker kain dan tahan dengan peniti agar tidak mudah bergeser. Tahap akhir menjahit seluruh bagian kain secara berulang agar lebih kokoh saat dipakai dan masker berbahan kain pun siap dipakai.


Cara Membuat Masker Tanpa Dijahit
Cara pertama yang dapat kamu coba dalam membuat masker tanpa dijahit ini cukup simple. Pertama lipat bagian atas dan bawah kain yang akan digunakan hingga menyatu di bagian tengah. Lalu lipat lagi kain tersebut menjadi dua, hingga berbentuk persegi panjang. Tahap akhir dari proses ini pasangkan karet gelang di kedua sisi kain sebagai pengait ke telinga kamu. Masker buatan sendiri pun siap dipakai tanpa memerlukan alat jahit.

Cara kedua ini memerlukan kain dan staples sebagai perekat agar kain dan pengaitnya kokoh saat dipakai. Pertama, lipat kain menyerupai bentuk kipas lalu lakukan sebanyak tiga kali untuk membuat masker kain yang menyerupai masker bedah. Setelah itu, rekatkan dengan staples di bagian ujungnya dan pasangkan karet gelang sebagai pengaitnya. Tahap akhir, rekatkan lagi dengan staples dan masker siap dipakai untuk bepergian keluar rumah.

Masker ketiga yang dibuat di rumah ini memanfaatkan kertas saring kopi. Pertama potong di bagian ujung kertas dengan gunting dan buatlah lapisan ganda. Bentuklah kertas saring ini hingga menyerupai masker untuk menutup wajah. Lubangi kain dengan memakai cutter di kiri dan kanan lalu masukkan tali karet lalu ikat. Bagian yang terikat tarik hingga mendekati lubang lalu rekatkan dengan isolasi dan siap dipakai untuk sehari hari.

Masker terakhir ini lebih mudah dibuat di rumah dengan mengandalkan stocking yang sudah tidak dipakai. Kamu dapat memotong bagian ujungnya lalu lipat menjadi dua dan potong lagi serta sesuaikan panjangnya sesuai keinginan. Agar sesuai anjuran pemerintah, masker kain ini dibuat dua lapis dengan memasukkan salah satu sisi ke bagian dalam. Setelah itu, masker dapat dipakai dengan merenggangkannya untuk menutupi hidung dan mulut.

Membuat masker di rumah memang tergolong mudah dan murah, tetapi tetap memperhatikan anjuran pemerintah. Protokol kesehatan memang harus dipatuhi agar pandemi ini dapat segera diakhir tanpa ada korban meninggal. Kamu dapat memulai dari diri sendiri dengan menjaga kesehatan dan kebersihan. Yang tidak kalah penting, setiap keluar rumah pastikan selalu pakai masker untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di Indonesia.

Previous
« Prev Post